Caregiver (perawat jompo)

Istilah caregiver, (banyak juga istilah lain yang sering dipakai seperti careworker, perawat lansia, perawat jompo, dan di jepang kaigofukushishi) secara bahasa bisa diartikan sebagai "pemberi perhatian". Khusus dalam konteks keperawatan, caregiver adalah orang yang memberi perhatian, merawat, dan menjaga orang lanjut usia (lansia/tua). Profesi caregiver merupakan cabang dari ilmu keperawatan. (saya cenderung mamakai istilah caregiver karena sepertinya lebih populer, komersil dan enak didengar dibandingkan dengan istilah careworker misalnya, yang menurut saya mudah dipelesetkan menjadi "kere-worker" alias pekerja kere).

Latar balakangnya adalah diperlukannya profesi khusus yang menangani masalah keperawatan orang lansia diluar disiplin ilmu keperawatan medik logis yang umum. Artinya, seorang caregiver juga bertanggung jawab untuk memberi perhatian dan kasih sayang pada klien yang ditanganinya.

Di Indonesia sendiri, mungkin istilah-istilah ini masih terbilang asing. Kenapa? karena pekerjaan/profesi caregiver di Indonesia terbilang langka, mungkin karena rata-rata umur orang Indonesia terbilang pendek, yaitu maksimal sekitar 60 tahun (bandingkan dengan jepang yang rata-ratanya mencapai umur 80 tahun lebih). Selain itu, orang Indonesia juga memiliki kecenderungan untuk menjaga keluarganya sendiri. Karena itu, caregiver Indonesia profesional terhitung langka. Lain halnya dengan negara-negara asing lain, terutama Jepang.

Jumlah penduduk lansia jepang terhitung paling tinggi di dunia. Diagram umurnya berbentuk unitk, yaitu bel, sementara diagram umur orang indonesia berbentuk piramid.Akibatnya, saat ini Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja caregiver. Karena alasan itulah Jepang mulai merekrut tenaga kerja Caregiver Indonesia.

Jika anda berminat bekerja sevagai  Caregiver (perawat jompo) di negara Canada, Taiwan, Hong Kong, Singapura, silahkan hubungi kami.

Proses di Jakarta - Jawa Tengah - Jawa Timur
Informasi Lebih Lanjut Silahkan langsung Telpon Ke HP "Pak Agus"
Maaf Kami Tidak Melayani SMS
Karena Banyaknya Peminat Kami tidak Bisa membalas SMS.
HP : 081 235 491 898 (Simpati).
HP : 087 858 111 096 (XL).

HP : 0856 0802 8600 (IM3).