Cara Lain Sekolah dan kerja ke Selandia Baru dan Kanada

Berikut ini adalah tanggapan dari salah seorang pembaca http://pjtkidantki.wordpress.com mengenai seluk beluk mendapatkan kerja di Jakarta. Bukan ruang lingkup PJTKI/PPTKIS sebenarnya. Tapi cukup bermanfaat sebagai masukan kita semua.

Pak Humari, informasi yang sangat membantu pekerjaan saya, dan menarik secara pribadi.
Secara profesi, saya bekerja di Konsultan Pendidikan Luar Negeri, jadi cukup sering bergaul dengan rekanan dari berbagai belahan dunia (perusahaan tempat saya bekerja memiliki 500-an sekolah partner) dan melayani berbagai jenis klien yang ingin sekolah ke LN.


Baru-baru ini saya baru saja pulang dari workshop yang diadakan oleh ENI bekerjasama dengan Kedubes NZ. Sedikit informasi yang ingin saya share adalah:


1. jalan tercepat dan termudah (tapi juga sangat mahal) untuk kerja di Selandia Baru, adalah dengan sekolah disana selama (sedikitnya) 2 tahun. Bila anda membuka situs IMM (https://www.immigration.govt.nz/) maupun newzealandeducated, maka akan tertera bagan dan prasyarat untuk bekerja disana. kenapa saya menampilkan NZ, karena NZ (dan Kanada) secara resmi menginginkan penduduk yang lebih banyak; terutama dalam rangka mempertahankan economic capacity dan mengisi workforce yang bolong2.


Sederhana saja, sekolah 2 tahun setara dengan Cerificate 4 atau Diploma (NZQF Level 4) itu sudah menjamin 1 tahun gratis visa kerja. Kerja dimana? Semua sekolah yang menawarkan program Cerificate atau Diploma, teruatama Polytech dan Technology Institute akan mencarikan pekerjaan, atau minimal akan mencarikan penawarannya. testimoni dari seorang klien, dia berangkat untuk ambil Diploma di Construction selama 2 tahun di sebuah Institute di Invercargill, yang sedianya akan dia pakai untuk bekerja di perusahaan pamannya di Indonesia. Setelah masuk Certificate 4 (sebelum Diploma) dia sudah ditawari kerja. Memang bukan upah besar, tapi karena Visa Kerja nya gratis dan diuruskan oleh sekolah, dia bertahan. Setelah satu tahun ia masuk sekolah lagi untuk naik ke Advanced Diploma, dan mendapat Bachelor selama setahun. kali ini ia kembali ke perusahaan yang sama dan dengan promosi posisi barunya, memiliki cukup uang untuk membayar visa kerja.


Total biaya untuk sekolah di NZ adalah sekitar NZ$ 26,000 per tahun. Upah construction Supervisor (untuk lulusan certificate cuma Assistant Supervisor) NZ$ 41,000 (refers to http://www.seek.co.nz/jobs-resources/)


Selain itu, buat yang sampai S2, bisa langsung ditawari Permanent Resident, dimana kita akan diperlakukan sama dengan warga negara sana (cuma soal pajak nya yang mahal dikit)
Kalau soal biaya sekolah, bisa tanya ke saya atau ke semua Overseas Study Agency di seluruh Indonesia. 


sumber : http://pjtkidantki.wordpress.com 

Bagi anda yang merasa sulit untuk bekerja ke Selandia Baru dan Kanada, anda bisa mencari peluang kerja ke negara lain yang di salurkan oleh PJTKI antara lain ke :
Taiwan
Hongkong
Singapura
Malaysia